Blanja berbagai kebutuhan Anda mulai dari bahan pangan, pakaian, hinggo barang-barang elektronik di website distributor kami untuk mendapatkan barang dari brand ternama berkualitas terbaik dengan harga grosir yang murah

Monday, September 7, 2020

Pengertian IP Address

Pengertian IP Address (Internet Protocol Address) adalah label numerik yang ditetapkan ke setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet untuk komunikasi. Sebuah alamat IP memiliki dua fungsi utama: host atau identifikasi antarmuka jaringan dan pengalamatan lokasi.

Protokol Internet versi 4 (IPv4) mendefinisikan alamat IP sebagai nomor 32-bit. Namun, karena pertumbuhan Internet dan menipisnya alamat IPv4 yang tersedia, versi baru dari IP (IPv6), menggunakan 128 bit untuk alamat IP, distandarisasi pada tahun 1998. Penyebaran IPv6 telah berlangsung sejak pertengahan 2000-an.

Alamat IP ditulis dan ditampilkan dalam notasi yang dapat dibaca manusia, seperti 172.16.254.1 di IPv4, dan 2001: db8: 0: 1234: 0: 567: 8: 1 di IPv6. Ukuran awalan perutean alamat ditetapkan dalam notasi CIDR dengan mencadangkan alamat dengan jumlah bit yang signifikan, misalnya 192.168.1.15/24, yang setara dengan subnet mask yang digunakan secara historis 255.255.255.0.

Ruang alamat IP dikelola secara global oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA), dan oleh lima pendaftar Internet regional (RIR) yang bertanggung jawab di wilayah yang ditentukan untuk penugasan ke pendaftar Internet lokal, seperti penyedia layanan Internet (ISP), dan ujung lainnya. pengguna. Alamat IPv4 didistribusikan oleh IANA ke RIR dalam blok yang masing-masing berisi sekitar 16,8 juta alamat, tetapi telah habis di tingkat IANA sejak 2011. Hanya satu dari RIR yang masih memiliki pasokan untuk penetapan lokal di Afrika. Beberapa alamat IPv4 dicadangkan untuk jaringan pribadi dan tidak unik secara global.

Administrator jaringan menetapkan alamat IP ke setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Penetapan tersebut mungkin secara statis (tetap atau permanen) atau dinamis, tergantung pada praktik jaringan dan fitur perangkat lunak.

Jenis IP Address

Versi IP Address

Saat ini udah tersedia lebih dari satu miliar web site di dunia maya. Ditambah lagi, kuantitas perangkat yang membuka bersama internet sudah pasti lebih banyak dari itu. Oleh karenanya, kini tersedia dua jenis IP address yang digunakan, yaitu IPv4 dan IPv6.

IPv4

Inilah versi IP address yang udah dipakai sejak internet mulai dimanfaatkan secara komersial. Selain itu, versi inilah yang paling banyak digunakan. Kemungkinan besar sementara ini Anda sedang memakainya juga.

Sebuah alamat IPv4 memiliki panjang angka 32 bit dan terdiri dari empat kumpulan angka yang dipisahkan oleh titik. Masing-masing kumpulan angka tersebut adalah representasi desimal dari delapan digit (bit) angka biner.

Satu baris yang terdiri dari delapan angka biner tersebut juga disebut oktet. Setiap oktet miliki nilai maksimal 255. Karenanya, alamat IPv4 memiliki rentang dari 0.0.0.0 sampai 255.255.255.255. Dengan rentang tersebut, IPv4 bisa menampung nyaris 4,3 miliar IP address.

Agar anda bisa mengilustrasikan penjelasan tersebut, tersebut adalah sebagian perumpamaan alamat IPv4:

172.16.254.1

172.146.80.100

192.168.1.3

172.16.254.1

IPv6

Versi IP address ini belum digunakan secara luas, namun diciptakan dikarenakan kapasitas IPv4 yang kian menipis. IPv6 memiliki panjang angka 128 bit dan terdiri dari delapan kumpulan angka dan huruf yang dipisahkan oleh titik dua. Masing-masing kumpulan tersebut merupakan representasi desimal dari 16 angka biner.

Oleh dikarenakan banyaknya kemungkinan gabungan angka dan huruf yang ada, IPv6 bisa menampung 340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.456 alamat. Dengan ini, sudah pasti dunia tidak dapat kekurangan IP address untuk sementara yang lumayan lama.

Salah satu perumpamaan alamat IPv6 adalah 2001:cdba:0000:0000:0000:0000:3257:9652. Namun, kumpulan yang cuma terdiri dari angka nol umumnya tidak ditulis supaya praktis. Lalu, bagian yang dihilangkan ditunjukkan bersama adanya dua sinyal titik dua layaknya berikut: 2001:cdba::3257:9652.

IP Publik dan IP Privat

IP address dikategorikan didalam dua type berdasarkan cakupannya, yaitu publik dan privat.

Publik

Sesuai namanya, IP address dengan type ini mampu diakses melalui jaringan internet. Oleh karena itu, IP address publik dimiliki oleh segala perangkat yang diperuntukkan khalayak umum. Server website, server email, dan router Wi-Fi adalah sebagian perumpamaan device yang menggunakan alamat IP publik.

Baik IP address publik maupun teristimewa punya rentang angka tersendiri (dan dibagi jadi sebagian kelas yang bakal dijelaskan terhadap anggota selanjutnya). Alokasi untuk rentang angka IP address berjenis publik diatur oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Apabila ada organisasi (contohnya penyedia fasilitas internet) yang dambakan memperoleh bagian IP publik, ia kudu menghendaki izin ke badan otoritatif tersebut.

Privat

IP address berjenis teristimewa digunakan untuk komunikasi terhadap jaringan lokal. Contoh perangkat yang punya alamat IP teristimewa adalah laptop, PC, dan ponsel. Masing-masing device tersebut mampu berkomunikasi dengan satu sama lain tidak melalui koneksi internet, tapi terhadap jaringan lokal layaknya local access network (LAN).

Nah, terhadap titik ini bisa saja pertanyaan tersebut nampak di benak Anda: bagaimana komputer saya mampu mengakses sebuah web jikalau alamat IP-nya berjenis privat? Jawabannya adalah karena device tersebut melakukannya melalui IP address publik milik router internet Anda sebagai perantara.

IP Dinamis dan IP Statis

Penyedia fasilitas internet sebenarnya beri tambahan dua type IP address, yaitu dinamis dan statis. Berikut adalah penjelasan atas keduanya.

Dinamis

IP address dinamis adalah type yang umumnya dimiliki oleh umum, termasuk Anda. Alamat IP ini diberikan oleh penyedia fasilitas internet secara cuma-cuma, tapi tidak berbentuk abadi.

Mengapa demikian? Sebelumnya telah dijelaskan bahwa waktu ini jumlah IP address yang mampu digunakan makin menipis. Karenanya, alamat IP digunakan secara bergiliran. Nah, penyedia fasilitas internet pula yang bertanggung jawab atas perihal ini.

IP address dinamis mampu beralih satu kali setiap minggu, bulan, atau tahun. Namun, restart perangkat atau router internet pun mampu memicu pergantian ini.

Statis

Berkebalikan dengan type di atas, IP address statis “di-booking” oleh pihak yang menggunakannya.

Pengguna yang melakukan reservasi terhadap satu atau lebih alamat IP termasuk penyedia fasilitas web hosting, virtual private network (VPN), dan server file transfer protocol (FTP). Mereka butuh IP address yang tidak beralih karena fasilitas yang bergantung padanya.

Tentunya, Anda kudu membayar sejumlah ongkos yang diberikan oleh penyedia fasilitas internet untuk memperoleh IP address statis.

Shared IP dan Dedicated IP

Jika Anda menggerakkan satu atau lebih website, kudu diketahui bahwa ada dua type IP address yang digunakan oleh server web hosting, yaitu shared dan dedicated IP.

Shared IP

Dengan penjelasan pada mulanya perihal IP publik, sudah pasti Anda telah mengerti bahwa tiap-tiap server web punya satu alamat IP.

Nah, shared IP umumnya terkandung terhadap server shared hosting, di mana seluruh penggunanya sharing seluruh sumber kekuatan server tersebut, termasuk IP address-nya. Tak cuma itu, seluruh domain milik seorang pengguna termasuk Mengenakan alamat IP yang sama.

Dedicated IP

Jika shared IP dipakai bersama oleh seluruh pengguna terhadap suatu server, dedicated IP cuma digunakan oleh satu domain.

Meskipun type IP address ini umumnya di tawarkan terhadap server dedicated hosting dan cloud VPS hosting, sebagian penyedia fasilitas web hosting memperbolehkan pelanggannya untuk menggunakan dedicated IP terhadap server shared hosting.

Kelas IP Address

Pada awal mula design IP address, IP address dibagi di dalam beberapa kelas. Kelas IP Address dibedakan berdasarkan kuantitas bits network ID. Masing masing kelas miliki kuantitas netowrk yang berbeda, dan kuantitas host di tiap network yang berlainan pula. Pembagian ip address berdasarkan kelas ini udah terasa ditinggalkan digantikan bersama dengan proses CIDR. Akan tetapi, ada baiknya kami cobalah menyaksikan histori kelas IP address ini.

Kelas A

IP address kelas A biasa digunakan untuk jaringan bersama dengan skala besar. Bits pertama di di dalam IP address kelas A selalu diset bersama dengan nilai 0 (nol). Bits ke-2 sampai bits ke delapan merupakan sebuah network identifier. 24 bit sisanya (atau tiga oktet terakhir) merepresentasikan host identifier. Dengan kuantitas host identifier sampai 24 bits, berarti kelas A miliki 16,777,214 host.

Kelas B

Kelas B biasa digunakan untuk jaringan skala menengah sampai skala besar. Dua bit pertama di di dalam oktet pertama alamat IP kelas B umumnya bersifat bilangan biner 10. 14 bit seterusnya merupakan network identifier. Sisa 16 bit merepresentasikan host identifier. Ip address kelas B miliki 65,534 host.

Kelas C

Digunakan untuk jaringan berskala kecil. Tiga bit pertama miliki nilai biner 110. Kemudian 21 bit setelah itu merupakan network identifier. Dan 8 bit sisanya merepresentasikan host identifier. Dengan begitu IP address kelas C miliki 254 host untuk tiap tiap network-nya.

Kelas D dan E

Kelas D merupakan alokasi IP address yang dihidangkan hanya untuk alamat-alamat IP multicast, dan Kelas E merupakan IP alamat yang bersifat "eksperimental" atau percobaan dan dicadangkan untuk digunakan terhadap jaman depan.

Akan tetapi terhadap perkembangannya, alokasi kelas IP address bersama dengan metode ini dirasa udah tidak cocok dan saat ini kami berubah memakai metode Classless Inter-Domain Routing (CIDR)

No comments:

Post a Comment